Senin, 18 November 2013

Laporan Opini

Laporan opini

Topik          :
Transportasi umum seperti metromini, kopaja, dan busway (bus transjakarta) di Jakarta yang tak kunjung membaik.

Opini :
Menurut pendapat saya mengenai transportasi umum tersebut adalah :

Detik ini, harusnya transportasi umum dapat berperan penting untuk mengatasi kemacetan yang ada. Karena adanya transportasi yang layak dan memadai mampu meningkatkan keinginan banyak orang untuk menggunakan transportasi umum.

Akan tetapi, transportasi umum yang ada saat ini, menurut saya memang benar masih kurang baik untuk kita gunakan sebagai transportasi sehari-hari. Kita bisa lihat seperti bus atau metromini, kopaja saat ini masih memprihatinkan. Dilihat dari kendaraannya saja, ada sebagian dari metromini atau kopaja itu yang kurang terawat. Seharusnya metromini dan kopaja lebih diperhatikan atau ada baiknya diremajakan agar pengguna angkutan atau transportasi tersebut mendapatkan kenyamanan.

Selain itu ada bus transjakarta. Bus yang lebih dikenal sebagai busway ini menurut saya sudah lumayan baik. Terlihat dari mulai banyaknya peminat yang mau menggunakan busway ini sebagai angkutan atau transportasi sehari-hari. Akan tetapi, kelemahan dari busway ini adalah masih seringnya terjadi tindak kriminalitas seperti pelecehan seksual, pencopetan, dsb. Banyak orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan waktu yang ada untuk mencari keuntungan pribadi. Maka, ada baiknya kita sebagai pengguna harus lebih berhati-hati dan menjaga diri kita sendiri agar tidak menjadi korban kriminal.

Banyak sekali alat transportasi yang ada di daerah Jakarta. Banyak pula transportasi tersebut yang harus diperbaiki dan diremajakan agar kita sebagai pengguna mendapatkan kenyamanan dalam menggunakan alat transportasi umum tersebut. Hal yang tidak kita sadari ketika banyak orang yang mau beralih untuk menggunakan alat transportasi umum adalah dapat berkurangnya tingkat kemacetan karena sebagian orang yang beralih ke transportasi umum.


Perbaikan kualitas dari transportasi umum bukanlah seluruhnya tanggung jawab pemerintah, tetapi kita selaku pengguna juga harus ikut menjaga transportasi yang kita gunakan sehari-hari. Mulailah sadar diri untuk selalu menjaga sekitar agar kita mendapatkan kenyamanan dimana pun kita berada. Jelas jika bukan dari diri kita sendiri, kita tidak akan pernah mendapatkan hal yang lebih baik. Jadi, mari kita mulai menjaga transportasi umum yang ada agar kita mendapatkan kenyamanan dalam beraktivitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar