Senin, 18 November 2013

Laporan Investigasi

Laporan investigasi

Warna Mencolok Perusak Tubuh

Pada kesempatan saat ini, saya ingin tahu mengenai suatu bahan yang biasa kita nikmati untuk penyegar di siang hari. Bahan tersebut biasa disantap bersama es, gula merah, bubur sumsum. Ya benar cendol (pacar cina).

Kita akrab sekali dengan cendol (pacar cina). Berbentuk bulat kecil-kecil berwarna pink. Sungguh menarik perhatian kita untuk mencicipinya. Namun, kita harus berhati-hati, karena ada kala nya makanan tersebut dapat mengandung pewarna buatan (pewarna tekstil). Ada sebagian pedagang curang yang memberikan pewarna tekstil tersebut hanya untuk menarik pembeli. Akan tetapi, bukan mereka lah yang bersalah sepenuhnya. Namun pembuat cendol (pacar cina) itulah yang harus kita amati.

Sebagai contoh, sebuah rumah pembuat cendol (pacar cina) di kawasan Jakarta-Pusat. Mereka memproduksi cendol (pacar cina) dengan warna yang sungguh menarik kita untuk membelinya. Pink sangat cerah yang saya pikir cukup mencolok untuk dipakai pada makanan. Saya cukup mencurigai hal tersebut, lalu saya mencoba membeli satu bungkus dengan harga Rp. 3000,00 .

Ketika cendol (pacar cina) tersebut saya genggam, benar saja warna pink tersebut melekat di telapak tangan saya. Setelah itu saya letakkan cendol (pacar cina) tersebut di sebuah baskom kecil, lalu saya cuci dengan air hangat. Ternyata warna air yang dihasilkan berubah pink dan baskom yang dipakai pun terlihat seperti kelunturan dari warna cendol (pacar cina) tersebut. Jelas sudah jika cendol (pacar cina) tersebut memakai pewarna tekstil.

Maka disimpulkan bahwa pewarna tekstil pada cendol (pacar cina) dapat kita ketahui dengan mudah yaitu dengan ciri :
-         Warna pada cendol (pacar cina) tersebut mencolok
-         Ketika kita genggam, warna tersebut akan melekat pada tangan kita
-         Cendol (pacar cina) akan terasa licin ketika kita pegang
-         Warna akan luntur dan sebagian akan menempel pada peralatan rumah tangga yang dipakai untuk mencuci cendol (pacar cina) tersebut.

Sedangkan kita bisa mengenali cendol (pacar cina) yang memakai bahan makanan yaitu :
-         Warna tidak terlalu mencolok (biasa saja)
-         Cendol (pacar cina) tidak akan terasa licin
-         Warna tidak akan luntur pada peralatan rumah tangga yang dipakai untuk mencuci cendol (pacar cina) tersebut
-         Akan tercium aroma buah jika pewarna merah yang digunakan berasal dari strawberry.
-         Dan warna tidak akan menempel atau melekat di tangan kita.


Demikianlah investigasi mengenai pewarna tekstil dalam pembuatan cendol (pacar cina). Mari kita waspadai makanan dan minuman yang akan kita konsumsi. Makanan dan minuman menjadi energi dan kekuatan bagi tubuh kita jika makanan dan minuman tersebut sehat. Warna yang terlalu mencolok patut kita waspadai, karena pewarna bahan makanan tidak akan menghasilkan warna yang begitu mencolok. Hati-hati dan jeli dalam memilih makanan dan minuman yang akan kita konsumsi agar tubuh tetap sehat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar