Minggu, 16 Juni 2013

SEGMENTASI PASAR

MAKALAH KEWIRAUSAHAAN
“SEGMENTASI PASAR”



DESI EKA PUTRI
11611880
2SA01


GUNADARMA UNIVERSITY
JL. AKSES KELAPA DUA-CIMANGGIS
2013-2014





KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan YME yang telah meberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas Kewirausahaan. Tugas ini dibuat untuk menyelesaikan tugas dalam mata kuliah Softskill.
            Makalah ini dibuat dengan tujuan memperluas wawasan mengenai segmentasi pasar. Makalah ini dibuat sebagaimana mestinya agar para pembaca mengetahui pengertian segmentasi pasar dan apa saja yang termasuk dalam segmentasi pasar.
Saya sebagai penulis berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam suksesnya makalah ini.
            Akhirnya, semoga makalah ini ada manfaatnya. Tiada gading yang tak retak, begitu pula makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh sebab itu saran dan kritik yang membangun selalu saya harapkan. Terima kasih.



Jakarta,   Juni 2013



I. PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
Di era globalisasi dimana seluruh hal berubah dan berkembang dengan cepat membuat kita harus lebih teliti dan lebih pintar. Ekonomi merupakan sebuah kenyataan yang terkadang kurang baik bagi kita. Banyak jalan yang dapat kita lakukan untuk meraih ekonomi tinggi (mapan). Salah satu nya adalah dengan kita membuka suatu usaha. Sebuah usaha tidak haruslah besar, alangkah baiknya kita kita memulai sesuatu hal dengan yang terkecil terlebih dahulu. Membuat sebuat usaha tentu diperlukan pemikiran yang matang, agar usaha yang kita buat tidaklah sia-sia. Setelah kita memikirkan usaha apa yang akan kita jalani, kita juga harus memikirkan segmentasi pasar. Dimana usaha kita akan dijalankan dan dikembangkan. Segmentasi pasar tidak semudah yang kita bayangkan, tetapi tidak juga begitu sulit.  Lebih tepatnya kita harus lebih teliti mengenai segmentasi pasar. Oleh karena itu, membuka sebuah usaha kecil bisa akan menjadi besar dengan melihat sisi segmentasi pasar dan segala hal yang mendukung keberhasilan usaha kita.

B.  Tujuan
Tujuan dari pembuatan makalah segmentasi pasar ini adalah agar kita memahami apa itu segmentasi pasar. Jika kita bisa memahami segmentasi pasar, kemungkinan besar usaha yang kita buat bisa berhasil.

C.  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang dan tujuan penulisan, dapat disimpulkan rumusan masalah sebagai berikut :
-      Apakah yang dimaksud dengan segmentasi pasar ?
-      Apa saja faktor penetapan dan syarat segmentasi pasar ?
-      Apa saja manfaat dan kelemahan dari segmentasi pasar ?
-      Apa saja tingkatan dalam segmentasi pasar ?
-      Bagaimana cara membidik pasar ?





II. PEMBAHASAN

   A.  PENGERTIAN SEGMENTASI PASAR
Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda.
Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.
Segmentasi pasar adalah usaha untuk mengelompokkan pasar, dari pasar yang bersifat heterogen menjadi bagian-bagian pasar yang memiliki sifat yang esamee (Gitosudarno, 2008).
Segmentasi pasar adalah membagi sebuah pasar ke dalam kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang mungkin menghendaki pemasaran atau produk yang terpisah (Amstrong, 1997:227).
Menurut Hermawan Kertajaya,  segmentasi pasar adalah sebuah metode bagaimana memandang pasar secara kreatif. Yakni bagaimana membagi pasar sesuai dengan kebutuhan tertentu. Contohnya dari segi karakteristik atau kebutuhan produk yang berbeda-beda. Segmentasi diperlukan untuk menentukan esam dan strategi yang akan diterapkan pada calon pelanggan.
Nilai terpenting dari segmentasi pasar ini adalah menghantar pembeli dari produk mereka. Bagaimana karakteristik, sekalian mengidentifikasi cara¬cara yang efektif untuk dapat melayani masing-masing segmen tersebut.
Jadi segmentasi pasar merupakan proses yang menyeluruh dimana perusahaan harus memperhatikan pembelian dari masing-masing segmen, paling tidak usahanya akan lebih ekonomis apabila unit-unit pembelian itu dikelompokkan ke dalam beberapa kelompok saja. Ini semua tidak terlepas dari usaha untuk mencapai laba maksimum.



   B.  FAKTOR PENETAPAN SEGMENTASI PASAR

Dalam penetapan segmentasi pasar, terdapat beberapa hal yang menjadi dasarnya yaitu:
Dasar–dasar segmentasi pasar pada pasar konsumen
·         Variabel geografi
Variabel tersebut, antara lain: wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, dan kepadatan iklim.
·         Variabel demografi
Variabel tersebut, antara lain: umur, keluarga, siklus hidup, pendapatan, pendidikan, dll.
·         Variabel psikologis
Variabel tersebut, antara lain: kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian.
Variabel tersebut, antara lain: manfaat yang dicari, status pemakai, tingkat pemakaian, status kesetiaan dan sikap pada produk.

Dasar–dasar segmentasi pada pasar esamee
·         Tahap 1, yaitu menetapkan segmentasi makro, yakni pasar pemakai akhir, lokasi geografis, dan banyaknya langganan.
·         Tahap 2, yaitu sikap terhadap penjual, ciri–ciri kepribadian, kualitas produk, dan pelanggan.



   C.  SYARAT SEGMENTASI PASAR YANG EFEKTIF

Diantara segmen pasar yang ada terdapat segmen yang menarik (attractive segment) yaitu segmen pasar yang belum terlayani, atau sudah terlayani tetapi kurang baik. Disamping memperhatikan segmen pasar yang menarik tersebut, masih ada faktor-faktor yang harus dipertimbangkan untuk menunjang usaha segmentasi secara efektif. Faktor-faktor tersebut adalah:

1.Measurability (dapat diukur)
Yaitu tersedianya tingkat informasi mengenai sifat-sifat pemtieli, sejauh mana syarat-syarat tersebut dapat diukur, baik secara kualaatif maupun secara kualitatif.

2. Accessbility (dapat dicapai)
Yaitu tingkat dimana perusahaan itu secara efektif memusatkan usaha pemasarannya pada segmen yang telah dipilih.

3. Substantiality (cukup besar atau cukup menguntungkan)
Dimana segmen yang dipilih tersebut cukup luas bagi pemasaran tersendiri, sehingga mendatangkan keuntungan jangka panjang bagi perusahaan.

4. Actionability (dapat dilaksanakan)
Yaitu sejauh apa program yang efektif dapat dirancang untuk menarik dan melayani segmen-segmen tersebut.

5. differentiability (dapat dibedakan)
Yaitu secara konseptual dapat dipisahkan dan memberi tanggapan yang berbeda terhadap elemen dan program bauran.




   D.  MANFAAT DAN KELEMAHAN SEGMENTASI PASAR

Banyaknya perusahaan yang melakukan segmentasi pasar atas dasar pengelompokkan esamee tertentu. Dengan menggolongkan atau mensegmentasikan pasar seperti itu, dapat dikatakan bahwa secara umum perusahaan mempunyai motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan tingkat penjualan dan yang lebih penting lagi agar operasi perusahaan dalam jangka panjang dapat berkelanjutan dan kompetitif (Porter, 1991). Manfaat yang lain dengan dilakukannya segmentasi pasar, antara lain:
   1.  Perusahaan akan dapat mendeteksi secara dini dan tepat mengenai kecenderungan- kecenderungan dalam pasar yang senantiasa berubah.
     2.    Dapat mendesign produk yang benar-benar sesuai dengan permintaan pasar.
     3.    Dapat menentukan kampanye dan periklanan yang paling efektif.
    4.    Dapat mengarahkan dana promosi yang tersedia melalui media yang tepat bagi segmen yang diperkirakan akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar..
   5.    Dapat digunakan untuk mengukur usaha promosi sesuai dengan masa atau periode-periode dimana reaksi pasar cukup besar.

Gitosudarmo (2000) menambahkan manfaat segmentasi pasar ini, sebagai berikut:
    1.     Dapat membedakan antara segmen yang satu dengan segmen lainnya.
    2.    Dapat digunakan untuk mengetahui sifat masing-masing segmen.
    3.    Dapat digunakan untuk mencari segmen mana yang potensinya paling besar.
    4.    Dapat digunakan untuk memilih segmen mana yang akan dijadikan pasar sasaran.

Sekalipun tindakan segmentasi memiliki sederetan keuntungan dan manfaat, namun juga mengandung sejumlah resiko yang sekaligus merupakan kelemahan-kelemahan dari tindakan segmentasi itu sendiri, antara lain:
   1.     Biaya produksi akan lebih tinggi, karena jangka waktu proses produksi lebih pendek.
   2.   Biaya penelitian/ riset pasar akan bertambah searah dengan banyaknya ragam dan macam segmen pasar yang ditetapkan.
   3.    Biaya promosi akan menjadi lebih tinggi, ketika sejumlah media tidak menyediakan diskon.
    4.    Kemungkinan akan menghadapi pesaing yang membidik segmen serupa.
Bahkan mungkin akan terjadi persaingan yang tidak sehat, misalnya kanibalisme esame produsen untuk produk dan segmen yang sama.


   E.  TINGKATAN DALAM SEGMENTASI PASAR 

Pembelian mempunyai kebutuhan dan keinginan yang unik. Setiap pembeli, berpotensi menjadi pasar yang terpisah. Oleh karena itu segmentasi pasar dapat dibangun pada beberapa tingkat yang berbeda.
  • Pemasaran massal
Pemasaran massal berfokus pada produksi massal, distribusi massal, dan promosi massal untuk produk yang sama dalam cara yang hampir sama keseluruh konsumen.
·         Pemasaran segmen
Pemasaran segmen menyadari bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku pembelian.
  • Pemasaran ceruk
Pemasaran ceruk (marketing niche) berfokus pada sub-group di dalam segmen-segmen. Suatu ceruk adalah suatu grup yang didefiniskan dengan lebih sempit.
  • Pemasaran mikro
Praktik penyesuaian produk dan program pemasaran agar cocok dengan citarasa individu atau lokasi tertentu. Termasuk dalam pemasaran mikro adalah pemasaran lokal dan pemasaran individu.



   F.  KRITERIA UNTUK MEMBIDIK SEGMEN PASAR SECARA EFEKTIF

Untuk menjadi target yang efektif, maka segmen pasar tertentu haruslah:

    1.     Dapat diidentifikasi,
    2.    Mencukupi (dari sudut ukuran),
    3.    Stabil atau bertumbuh,
    4.    Dapat dimasuki (dapat dijangkau) dari sudut media maupun biaya.




III. PENUTUP

    A.  KESIMPULAN

Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar haruslah dilakukan agar usaha yang kita jalani dapat berjalan dengan baik dan sukses pada akhirnya. Tidal begitu sulit, akan tetapi kita diharuskan teliti dan pintar dalan hal segmentasi pasar ini.

   B.  REFERENSI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar