Minggu, 28 April 2013

MEMANFAATKAN PELUANG USAHA


MAKALAH KEWIRAUSAHAAN
“MEMANFAATKAN PELUANG USAHA”

DESI EKA PUTRI
11611880
2SA01


GUNADARMA UNIVERSITY
JL. AKSES KELAPA DUA-CIMANGGIS

2013-2014





I. PENDAHULUAN

A.  LATAR BELAKANG
            Pemikiran untuk memiliki pekerjaan yang bagus dan enak telah menjadi suatu hal yang biasa. Tidak hanya itu, banyak orang lebih memikirkan akan penghasilan yang akan mereka terima. Padahal kenyataannya penghasilan yang akan kita terima haruslah sesuai dengan apa yang akan kita kerjakan. Pemikiran yang seperti itulah yang harus kita ubah, mind set kita akan penghasilan harus kita ubah untuk memberikan hasil yang positif dalam hidup kita. Ketika mendapatkan suatu peluang, baik itu sesuatu yang kecil, haruslah kita coba. Apapun peluang itu, kita harus bisa manfaatkan dengan baik dan benar. Misalnya ada suatu peluang berwirausaha, maka kita harus mencobanya terlebih dahulu. Ketika kita berpikir itu tidak akan menghasilkan sesuatu yang baik , tentu kita salah. Karna jelas kita belum pernah mencoba nya , maka coba dan tekuni apapun peluang usahan yang ada disekitar kita. Dengan cara itu, kita akan bisa meraih kesuksesan.

B.  TUJUAN
Tujuan dari pembuatan makalah ini yaitu untuk mengetahui bahwa memanfaatkan peluang usaha itu sangatlah penting. Tidak hanya untuk pribadi, namun untuk orang disekitar kita juga.

C.  RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang dan tujuan diatas, dapat disimpulkan rumusan masalah yaitu, bagaimana cara kita memanfaatkan peluang usaha yang ada.








II. PEMBAHASAN


A.  PEMANFAATAN PELUANG USAHA

Wirausaha yang kreatif adalah wirausaha yang cepat menangkap peluang yang muncul dari suatu kondisi lingkungan disekitarnya, yang tidak pernah melewatinya dengan sia-sia.

            Orang yang kreatif tidak akan ikut dalam deretan jenjang pencari kerja, karena dia sendiri yang akan menciptakan lapangan kerja untuk dirinya sendiri dan bahkan orang lain. Misalnya,
      -       Memanfaatkan barang bekas.
Contohnya: sedotan dibuat bunga, bulu ayam menjadi lukisan dan perca menjadi kaset dan sebagainya.
     -      Memanfaatkan barang yang disediakan oleh alam.
Contohnya: menbuat kerajinan dari tanah liat dijadikan gerabah dan sebagainya.
     -      Memanfaatkan kejadian atau peristiwa yang ada.
Contohnya: berjualan aneka minuman seperti es buah pada musim kemarau dan sebagainya.

  Seorang yang berjiwa dinamis adalah orang yang mampu melihat lingkungan sebagai sesuatu yang bergolak dan senantiasa berubah sebagai suatu tren dari masyarakat yang tidak terduga. Apabila kita mampu memanfaatkan dengan baikmaka kondisi tersebut akan menjadi suatu peluang usaha bagi kita. Sehingga oramg yang mau bekerja keras, ulet, percaya pada kemampuan sendiri, kreatif dan inovatif akan lebih mudah menemukan peluang usaha yang ada. 

Jika peluang digali dengan baik makan akan membuahkan hasil yang memuaskan.Untuk menggali peluang usaha atau bisnis, setiap orang harus berpikir secara positif dan kreatif, yaitu:
    -      Harus percara dan yakin bahwa usahanya bisa dilaksanakan.
    -      Mau menerima gagasan baru dalam dunia bisnis.
    -      Bersedia mendengarkan saran dari orang lain.
    -      Mempunyai etos kerja yang tinggi.
    -      Pandai dan terampil berkomunikasi.
    -  Sering bertanya pada diri sendiri.



B.  INOVASI SALAH SATU CARA MERAIH SUKSES BERWIRAUSAHA

Inovasi adalah suatu temuan baru yang menyebabkan berdaya gunanya suatu produk atau jasa ke arah yang lebih produktif. Beberapa faktor yang mendorong untuk melakukan inovasi dalam usaha anatara lain keinginan untuk berprestasi, adanya sifat penasaran atau keinginan untuk menanggung resiko, faktor pendidikan, pengalaman dan adanya peluang.

Adapun tujuan mengadakan inovasi dalam usaha adalah sebagai berikut :
    -      Untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat.
    -      Untuk menyesuaikan perkembangan teknologi.
    -      Untuk menarik konsumen.

Inovasi baru dibidang produk dan jasa pada saat ini dihadapkan pada tiga pilihan, yaitu :
   -  produk atau jasa yang baru dapat ditempatkan pada salah satu pasaran yang sesuai dengan minat.
  - produk atau jasa yang dirancang secara baru dan model baru dapat ditempatkan ditengah-tengah pasar serta disesuaikan dengan daya beli konsumen.
  - produk atau jasa baru dapat ditampilkan dengan tujuan dapat merebut dan memanfaatkan peluang usaha.



C.  TIPS CARA MEMANFAATKAN PELUANG USAHA

Memang tidak lah mudah bagi seseorang untuk bisa memanfaatkan peluang usaha dengan cara memanfaatkannya atau mempraktekannya dalam dunia wirausaha yang sesungguhnya.Ini akan terasa berat karena selain membutuhkan ketekunan, tenaga juga modal yang jumlahnya Relative.

     Berikut tips cara memanfaatkan peluang usaha :

    1.     Melakukan Riset Pasar :
    Ya, kita perlu akan data mengenai pasar produk yang akan menjadi unggulan. Agar produk kita bisa diterima oleh orang lain, selain itu perlunya data2 mengenai tingkat persaingan pasar, kompetisi harga, karakteristik konsumen dll, hal ini agar kita bisa memprediksikan  mengenai usaha kita apakah akan mampu bertahan atau tidak.
      
   2.    Mempersiapkan dan menyusun rencana  (market plan), mencakup target pasar produk, target pendapatan perbulan,, biaya operasional dll.

 3.    Patuh terhadap aturan, dengan kata lain tidak melanggar aturan dari pemerintah setempat,atau melanggar norma2 yang berlaku dimasyarakat, misalnya membuaka usaha minuman keras dll.

   4.     Strategi Pemasaran yang tepat sasaran.

  5.    Jika ke empat poin dasar diatas sudah kita lakukan, maka hal yang paling penting adalah mempraktekannya. Anda harus berani memulai wirausaha atas ide-ide anda  sehingga anda akan tahu peluang usaha yang sedang dijalankan adalah peluang usaha yang benar-benar bagus. Jangan takut untuk memulai usaha..







III.   PENUTUP


A.  KESIMPULAN
Berwirausaha memanglah tidak semudah kita membalikkan telapak tangan. Sukses bukanlah dari apa yang kita miliki , seperti harta yang berlimpah, tetapu sukses adalah ketika kita mampu menciptakan apa yang orang lain belum tentu mampu. Memanfaatkan peluang usaha tidak hanya usaha besar, dengan memulai yang kecil dan sederhana, kita bisa memberikan dan menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

B.  REFERENSI




Tidak ada komentar:

Posting Komentar